brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

6 Tips Merawat Honda PCX 160, Nomor 3 sering diabaikan

bagikan :

Honda PCX 160
Honda PCX 160

Honda-Kita.com – Ada beberapa jumlah tips merawat Honda PCX 160 yang perlu Anda ketahui. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir motor kesayangan mengalami masalah dalam perjalanan.

Honda PCX 160 menjadi salah satu motor yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain badannya yang terkesan bongsor, kendaraan ini juga memiliki banyak keunggulan lain yang berbeda dari motor sejenisnya.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa memiliki sebuah motor sebagus apapun, pengendara harus bijak merawatnya secara rutin. Sehingga kedepannya, performa dan keadaan motor tetap bagus dan terhindar dari potensi kerusakan.

Berikut ini beberapa tips merawat Honda PCX 160

6 Tips Merawat Honda PCX 160

1.Ganti Oli Secara Rutin

Pada kendaraan, oli merupakan salah satu komponen terpenting. Sama halnya dengan motor lain, pemilik Honda PCX 160 juga wajib mengganti olinya secara teratur. Biasanya penggantian oli dilakukan setiap 1.000 km hingga maksimal 5.000 km. Apabila terlalu rumit untuk menentukannya, Anda bisa menetapkan waktu setiap 2 atau 3 bulan sekali untuk menggantinya.

2.Periksa Volume Air Coolant Secara Berkala

Bagi pemilik Honda PCX 160, ketinggian air coolant dalam reservoir disarankan untuk berada di antara garis upper dan lower. Apabila volumenya tampak kurang, segera tambahkan sesuai aturan. Kemudian, pengendara juga perlu untuk menguras air coolant secara rutin. Pastikan juga kendaraan Anda menggunakan air coolant rekomendasi pabrikan.

3.Berkendara Dengan Stabil

Bukan hanya pengendara Honda PCX 160 saja, Hal ini biasanya banyak dilanggar oleh para pengemudi yang berkendara di jalan raya. Padahal, kebiasaan menarik gas penuh dalam waktu singkat, kemudian melepasnya dengan cepat bisa menjadi faktor penyebab kerusakan pada komponen motor. Maka dari itu, sebaiknya Anda sebagai pengendara bisa bijak dan memperhatikan hal yang satu ini.

4.Memanaskan Mesin Sebelum Menggunakan

Meskipun Honda PCX 160 berstatus motor injeksi, bukan berarti memanaskan mesin adalah hal yang dilarang. Pengendara dapat melakukannya sebelum melakukan aktivitas seperti berangkat kerja atau sekolah. Tak perlu waktu lama, hanya 3-5 menit saja sudah cukup. Alasannya sendiri agar oli bisa menyebar ke setiap komponen mesin, sehingga nantinya dapat menunjukan performa optimal ketika digunakan.

5.Membersihkan Radiator Secara Rutin

Komponen ini juga berperan penting pada kendaraan Anda. Anda perlu memastikan setidaknya kisi-kisi radiator motor Anda bersih dari kotoran untuk mencegah timbulnya kerusakan. Ketika terlalu banyak kotoran yang menumpuk, proses pendinginan mesin mungkin akan terhambat dan bisa mempengaruhi kinerjanya ketika digunakan berkendara.

6.Rutin Melakukan Service Honda PCX 160

Tips terakhir dan paling penting yaitu, pemilik kendaraan perlu melakukan service teratur pada motornya. Hal ini tentu berguna untuk mendeteksi apakah ada kerusakan atau keluhan yang bisa membuat kondisi motor menjadi lebih buruk kedepannya. Dalam service rutin, para mekanik bisa mengetahui lebih dulu jika ada bagian pada kendaraan yang perlu diperbaiki atau diganti.

Post Tags:

Recent Post: