brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Modifikasi Motor, Honda Beat Hybrid

Motor Honda Beat Hybrid

bagikan :

Motor Honda Beat Hybrid
Motor Honda Beat Hybrid

Konversi Motor Honda Beat jadi Motor Hybrid

Honda-Kita.com – Seiring perkembangan dunia otomotif di Indonesia, banyak pelaku industri baik personal maupun komunitas merakit kendaraan minim emisi. Salah satunya National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang menggandeng Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO). Hasil kolaborasi keduanya menghasilkan Honda Beat Hybrid.

Seperti kita ketahui, kendaraan sistem hybrid secara signifikan mampu memberi kontribusi terhadap efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Selain tenaga lebih responsif dan halus, konsumsi BBM juga jauh lebih hemat.

Proyek NMAA dan IATO bertujuan untuk menghadirkan solusi kenaikan harga BBM dan percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Dalam hal ini mereka menghadirkan Honda Beat yang dikonversi menggunakan tenaga hybrid. Produk tersebut bisa jadi inspirasi perubahan dapur pacu yang lebih ramah lingkungan ketimbang hanya menggunakan mesin pembakaran internal.

Menurut Hari Budianto, Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) konversi motor konvensional ke hybrid menjadi opsi lain selain ke Electric Vehicle (EV). “Kalau konversi motor ke EV kan sudah biasa. Ini kami berikan opsi lain yaitu konversi motor konvensional ke hybrid. Agar masyarakat tahu bahwa kita juga bisa memodifikasi kendaraan mesin pembakaran internal ditambah dengan bantuan baterai untuk menunjang efisiensi bahan bakar” Ujar Budi.

Budi pun menambahkan, Motor Honda Beat menjadi proyek ini lantaran paling banyak populasinya dan mampu mewakili skutik yang beredar di Indonesia. Dengan adanya sistem hybrid, pengguna bisa memilih mode pengoperasian antara mesin bensin atau motor penggerak listrik. “Jadi memang ini konsepnya hybrid on demand atau hybrid sesuai perintah, belum otomatis. Ada tombol cut-off supaya bisa berjalan pakai mesin atau EV saja” Ujarnya.

Motor Honda Beat Hybrid
Tombol Cut-Off

Spesifikasi Motor Honda Beat Hybrid

Spesifikasi baterai yang digunakan yaitu lithium ion fosfate 60 Volt 25 Ampere (1.500 Wh) yang ditaruh di bawah jok. Sanggup menempuh jarak hingga 60 km. Sedangkan kecepatan maksimal yang dapat diraih sekitar 90 km/jam.

Motor Honda Beat Hybrid
Lithium ion fosfate 60 Volt 25 Ampere (1.500 Wh)

Walaupun konsepnya masih hybrid manual, motor ini sudah dibekali dengan teknologi regenerative braking. “Ketika pakai mesin bakar konvensional, jangan lupa hidupkan regenerative braking, biar Brushless DC (BLDC Motor) yang nyambung ke ban berputar jadi generator. Nah, itu untuk isi baterai” Ucapnya.

Motor Honda Beat Hybrid
Regenerative Braking Technology

Komponen dan Biaya

Menurut Budi, modifikasinya terbilang sederhana. Karena hanya mencangkokkan motor penggerak listrik berupa hub (BLDC) ke as roda belakang. Untuk menyematkan BLDC, ada tambahan lengan ayun pada bagian kanan. Bagian ini dimodifikasi dan dibuat plug and play.

Kemudian kabel dari BLDC diurut sampai ke bawah jok, untuk terhubung dengan controller dan baterai management system (BMS). Karena ada tambahan BLDC di samping velg utama motor, maka secara tampilan dari belakang jadi lebih lebar. Maka dari itu ada penyesuaian bentuk knalpot, yang dibuat lebih pendek dan membengkok ke atas.

Sedang buat total biaya memodifikasi, Budi menyebut bisa habis sekitar Rp15 juta. “Harga tergantung komponen yang dipakai. Baterai juga tergantung seberapa besar kapasitasnya. Makin besar ya konsekuensinya makin mahal. Biaya sampai Rp15 juta itu adalah ad cost dari perubahan power train atau belum termasuk biaya lain-lain,” jelasnya.

Waktu yang di butuhkan untuk proses pengerjaan motor ini hanya satu sampai dua hari. Dengan catatan komponen sudah terkumpul semua. (BGX/TOM)


Latest Post:


Post Tags: