brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Jenis Modifikasi Motor (Part I): Bobber, Cafe Racer, dan Tracker

Jenis Modifikasi Motor

bagikan :

Jenis Modifikasi Motor
Jenis Modifikasi Motor

Honda-Kita.com – Bagi Anda para riders yang mempunyai hobby dengan sepeda motor, memiliki motor standar dari pabrikan, jelas tidak akan mendapatkan kepuasan. Biasanya Anda akan mengubah motornya sesuai dengan jenis modifikasi yang diinginkan. Jenis-jenis modifikasi ini sudah ada sejak lama, dan terus berkembang hingga saat ini. Apa saja jenis tersebut? Agar tidak bingung saat memilih jenis modifikasi motor, mari kita mengenal jenis modifikasinya.

Jenis Modifikasi Motor

-Bobber

Jenis Modifikasi Motor
Royal Enfield 650 Custom Bobber

Jika ditarik mundur, jenis modifikasi ini berawal di era tahun 40an dan 50an. Jenis modifikasi ini dipelopori oleh banyak pemuda di Amerika Serikat yang pulang dari medan perang dan kesal dengan kesulitan hidup usai perang.

Alhasil, mereka pun melampiaskannya dengan aksi kebut-kebutan menggunakan motor yang digunakan pada masa perang, seperti Harley-Davidson tipe WL.

Bobber diambil dari istilah bobbing yang bermakna memangkas agar sebuah tunggangan menjadi lebih ringan, praktis, mudah untuk bermanuver, dan bisa menekan biaya operasional.

Ciri khas motor jenis ini adalah profil ban yang berukuran besar, baik ban depan maupun ban belakang. Idealnya, motor aliran ini juga menggunakan mesin yang besar agar membuatnya tampilannya semakin gahar.

Meskipun memangkas beberapa bagian sasis atau rangka, motor dengan konsep Bobber masih tetap mempertahankan chasis standar.


-Cafe Racer

Honda CB550 Cafe Racer

Berdasarkan sejarahnya, aliran ini hampir mirip dengan Bobber. Gaya ini muncul di dataran Inggris pada era yang sama seiring kepulangan mantan prajurit pasukan Inggris di Perang Dunia II.

Perbedaannya adalah jenis motor yang digunakan dan gaya modifikasi. Cafe Racer mengacu pada referensi model motor-motor balap klasik di arena Grand Prix yang pada saat itu sedang digandrungi di daratan Eropa.

Gaya modifikasi yang diterapkan memanfaatkan motor-motor produksi pabrikan Britania Raya. seperti Triumph, BSA, dan Norton dan ada juga motor cross breed, dikenal sebagai Triton.

Jenis modifikasi ini banyak juga yang menggunakan Norton yang kuat, ringan, dan stabil, lalu dipadukan dengan mesin Triumph yang tenaganya lebih kencang.

Pada beberapa pilihan lain, ada pula TriBsa, yang memadukan mesin Triumph dan rangka motor BSA. Selain itu, tak sedikit yang mengacu pada Norley yang merupakan perpaduan rangka motor Norton dan mesin Harley-Davidson.

Jenis modifikasi membuang beberapa komponen yang tidak diperlukan agar motor lebih ringan dan menunjang kecepatan laju motor.

Ciri khas yang paling menonjol dari jenis modifikasi motor ini adalah stang jepit, yang ketika dipacu akan membuat posisi badan pengendara lebih menunduk layaknya pembalap. Ciri lainnya adalah jok yang rendah dengan bentuk buritan melengkung seperti ekor tawon.

Umumnya, model motor Cafe Racer identik dengan desain retro klasik. Karakter khas lain dari modifikasi yang menerapkan aliran ini adalah menggunakan ban model klasik atau model sport.

Ada Cafe Racer, jelas ada Tracker. Apa itu Tracker? Simak penjelasannya di poin selanjutnya.


-Tracker

Jenis Modifikasi Motor
Honda XR400 Custom Tracker

Sementara jenis modifikasi Tracker karakternya tak jauh beda dengan Cafe Racer. Jenis modifikasi ini lebih populer di Amerika Serikat. Ya, bila Cafe Racer banyak berkembang di Eropa, Tracker berkembang pesat di Amerika.

Berawal dari motor-motor lintasan balap board track, flat track, atau dirt track di Amerika. Aliran ini lebih mengedepankan tampilan dan fungsinya. Agar dapat digunakan pada berbagai macam lintasan. Baik itu jalan tanah berkerikil atau jalanan aspal.

Ciri jenis modifikasi Tracker adalah tangki kecil dan buntut yang meruncing. Salah satu karakter khas motor dengan aliran klasik ini adalah tampilan fisik yang tinggi.

Bagaimana? Sudah memiliki bayangan tentang jenis modifikasi yang akan Anda terapkan? Jika belum, simak lanjutannya di: Jenis Modifikasi Motor (Part II)


Recent Post:


Post Tags: