brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Jenis Modifikasi Motor (Part III): Hot Rod, Supermoto, dan Streetfighter

Jenis Modifikasi Motor

bagikan :

Jenis Modifikasi Motor
Jenis Modifikasi Motor

Honda-Kita.com – Baik, setelah Anda mengenal jenis modifikasi motor yang ada pada artikel: Part I dan Part II, yang mengulas jenis modifikasi, mulai dari Bobber, Cafe Racer, Tracker, Jap Style, Scrambler, hingga Chopper. Kini saatnya Anda juga mengenal jenis modifikasi yang pernah tren pada tahun 90an hingga 2000an.

Namun, ingat tren bisa saja terulang layaknya fashion. Jadi, simak penjelasan jenis modifikasi yang ada di artikel ini, mulai dariā€¦

Jenis Modifikasi Motor

-Hot Rod

Custom Hot Rod

Untuk para muscle car mania, nampaknya bakal cocok banget sama modifikasi motor kustom yang satu ini. Sebenarnya jenis modifikasi Hot Rod tidak ada ciri khas tampilan tertentu. Hanya saja, biasanya motor ini dikustom dengan menggunakan mesin mobil yang sudah tidak layak jalan.

Tetapi, dengan adanya sentuhan para mekanik yang lihai, mesin mobil tersebut dapat ditanam di chasis motor Hot Rod ini. Di dalam komunitas biker, tampilan cat sangar, yang didominasi hitam doff plus pernik merah atau putih, biasanya menjadikan suatu motor disebut jenis modifikasi Hot Rod.

-Supermoto

Jenis Modifikasi Motor
Custom Honda Supermoto

Sekilas, Supermoto memang mirip dengan motor trail, namun detailnya, modif Supermoto memiliki jenis ban yang berbeda, umumnya menggunakan ban khusus aspal atau yang memiliki profil kembang tahu -bukan tipe ban pacul seperti di motor trail. Diameter pelek berukuran 17 inci dengan tapak lebar.

Jenis modifikasi ini sempat tren pada era 2000an, yang ditunjang dengan banyaknya pabrikan yang merilis motor trail terbarunya, seperti Honda CRF1000L Africa Twin

-Streetfighter

Honda CBR Custom Streetfighter

Konsep modifikasi ini awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, dan beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya. Lalu memasangkan lampu depan yang lebih intimidatif.

Ciri ubahan Streetfighter itu sendiri adalah penelanjangan bodi yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, simpelnya penerang jalan, setang kemudi model flat. Ya, jenis modifikasi ini pernah tren pada tahun 90an. Namun, kini beberapa pabrikan malah membuatnya secara massal.


Recent Post:


Post Tags: