brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Jenis Modifikasi Motor (Part II): Brat, Jap Style, Scrambler, Dan Chopper

Jenis Modifikasi Motor

bagikan :

Jenis Modifikasi Motor
Jenis Modifikasi Motor

Honda-Kita.com – Setelah kamu membaca: Jenis Modifikasi Motor (Part I), yang membahas jenis modifikasi Bobber, Cafe Racer, sampai Tracker. Lalu di artikel ini, ada jenis modifikasi yang berasal dari daratan Asia. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

Jenis Modifikasi Motor (Part II)

Brat Style & Jap Style

Jenis Motor Modifikasi
Honda CB750 Custom Jap Style

Kamu tidak salah bila menyebut jenis modifikasi ini, secara umum karakternya masih masuk ke genre Bobber, Cafe Racer, atau bahkan Tracker. Namun, pada dasarnya, Brat Style merupakan nama sebuah bengkel modifikasi di Saitama, Jepang, yang dipelopori oleh Go Takamine.

Bengkel ini yang memopulerkan konsep Brat dan Jap Style. Jenis modifikasi motor ini tercipta dari pengembangan ketiga jenis modifikasi yang berasal dari Amerika dan Eropa tersebut. Karakter khasnya adalah detail finishing yang menjadi khas budaya Jepang.

Keunikan dari Jap Style ada di tangki berbentuk semi trail, bentuk jok yang umumnya single seater atau jok tunggal, yang dibuat lebih tipis dan posisinya lebih rendah dari tangki standar.

Scrambler

Jenis Modifikasi Motor
Honda Hornet Custom Scrambler

Jenis modifikasi yang tak kalah populer saat ini adalah Scrambler. Sejatinya, motor custom jenis ini sangat cocok untuk aktivitas semi offroad dan penjelajahan. Ciri khasnya adalah knalpot yang berada di samping motor.

Karena Scrambler adalah jenis modifikasi yang bisa dipakai untuk kebutuhan on-road dan off-road, sehingga, motor yang menjadi bahan untuk jenis modifikasi ini pun sebaiknya harus menggunakan ban dual-purpose agar pakem lebih maksimal.

Chopper

Honda Custom Chopper 750cc

Jenis modifikasi ini muncul pada dekade 50an dan 60an, dan merupakan terusan dari gaya Bobber yang menjadi trend di era sebelumnya. Namun, pola modifikasinya terbilang lebih ekstrem.

Mudah untuk mengenali motor custom jenis ini. Karena ciri khasnya sangat menonjol, yakni dengan suspensi depan yang sangat panjang seiring dengan diameter roda yang ramping.

Kontras dengan tampilan depan, joknya pun cenderung lebih rendah sehingga terlihat kontras dengan posisi tangki bensin dan stang.

Karena memiliki bentuk yang unik, para perakit atau builder, memerlukan chasis atau rangka yang dirancang khusus sesuai panjang suspensi depan serta kemiringannya.

Jenis modifikasi motor ini menggunakan ban dengan kontur biasa, tetapi yang membedakannya adalah ukuran yang digunakan pada bagian depan dan belakang. Ban memiliki ukuran diameter gemuk berada pada posisi belakang dan kontras dengan roda depan dengan diameter besar serta ramping.

Setelah mengenal berbagai macam Jenis Modifikasi, Silahkan memutuskan mana yang lebih cocok untuk Anda.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan pihak bengkel modifikasi terkait desain dan elemen suku cadang yang harus dilengkapi. Mengapa itu perlu? Secara prinsip dasar modifikasi adalah tetap membuat motor kamu menjadi nyaman dan aman ketika dikendarai.

Bagi Anda yang ingin mengetahui jenis modifikasi Street Fighter atau Supermoto yang sempat tenar di 90an sampai 2000an? Nah, di sini penjelasan lengkap tentang konsep modifikasi tersebut: Jenis Modifikasi Motor (Part III)


Recent Post:


Post Tags: