brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Bengkel Resmi Atau Bengkel Pinggir Jalan? Sebaiknya Pilih Yang Mana?

Bengkel

bagikan :

Bengkel Resmi
Bengkel Resmi

Bengkel Resmi VS Bengkel Umum

Honda-Kita.com – Bicara di mana bengkel yang tepat untuk merawat kendaraan, pastinya setiap bengkel memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dan setiap bengkel juga memiliki penggemarnya masing-masing.Banyak alasan yang mendasari mereka untuk memilih salah satu pilihan antara bengkel umum dan bengkel resmi.

Bagaimanapun juga, hal mendasar yang harus diketahui terlebih dahulu adalah perbedaan antara bengkel umum dan resmi. Apa perbedaan secara umum kedua bengkel tersebut?


Perbedaan pelayanan dan teknisi

  • Bengkel Umum

Bengkel umum yang pasti tidak memiliki ikatan kerjasama dengan merek kendaraan tertentu. Artinya, semua merek kendaraan bisa dilakukan perawatan di bengkel umum tersebut. Selain itu, suku cadang yang dimiliki pun juga beragam, mulai dari suku cadang original, seperti yang dijual di bengkel resmi, non-original, hingga suku cadang bekas.

Di bengkel umum, kualitas para teknisi pun juga bersifat relatif. Artinya, tidak ada jaminan memang benar-benar ahli di bidangnya. Sebab para teknisi di sini pun tidak diberikan sertifikat walaupun mereka benar-benar ahli, kecuali memang mereka pernah mengikuti pelatihan khusus sebelumnya.

Dan tidak semua bengkel umum memiliki peralatan service yang lengkap.

  • Bengkel Resmi

Pada bengkel resmi, biasanya memiliki hubungan dengan merek penjualan (dealer) atau disebut Agen Pemegang Merek (APM). Bisa dipastikan, bengkel ini hanya melayani kendaraan dengan merek yang mereka jual pula alias melayani satu merek saja. Dan suku cadangnya, bisa di pastikan original.

Bagaimana dengan teknisinya? Di bengkel ini biasanya memiliki tenaga ahli yang kompeten. Selain diberikan pelatihan yang dibutuhkan sebagaimana seorang teknisi, mereka dibekali dengan keahlian khusus sesuai bidangnya, yakni teknisi perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).

Soal peralatan, bengkel ini sudah pasti memiliki peralatan service yang lengkap yang sesuai dengan standard operasional prosedur.


Tarif Service

  • Bengkel Umum

Pada bengkel umum harga service kendaraan ditentukan oleh hasil diagnosa dari teknisi yang mengerjakan. Harganya pun bervariasi dan biasanya lebih murah, bahkan Anda bisa melakukan negosiasi harga. Namun ada juga beberapa bengkel umum yang mematok dengan harga lebih mahal dan mencurangi customer dikarenakan mau mencari untung lebih.

  • Bengkel Resmi

Harga jasa yang ada pada bengkel ini biasanya sudah di banderol sesuai dengan kategori jenis kendaraan, perawatan, dan suku cadang pada yang digunakan.


Dari penjelasan di atas, kedua jenis bengkel memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, bengkel mana yang jadi pilihan? Tentu keputusan ada di tangan Anda dengan pertimbangan tersebut. Semua pilihan tergantung kebutuhan pastinya.

Namun yang jadi perhatian, bila kendaraan Anda masih di bawah 3 tahun, ada baiknya untuk memilih bengkel resmi. Karena bengkel ini memberikan garansi 3 tahun untuk kerusakan mesin dan suku cadang. Jadi, lebih baik manfaatkan fasilitas garansi yang ada.


Latest Post:


Post Tags: