Apa itu Otomotif ?

bagikan :

Otomotif
Otomotif

Berita – Honda-kita.com – Pada era modern saat ini semua aktifitas berpergian manusia dibantu oleh mesin. Kendaraan roda dua (motor) dan roda empat atau lebih (mobil) hadir sebagai transportasi yang efektif membawa Anda dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya.

Untuk mengetahui bagaimana kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor dapat bergerak, Anda perlu mempelajari ulasan mengenai pengertian dari otomotif di artikel ini.

Otomotif Adalah

automotive
Otomotif

Pada umumnya tomotif adalah istilah yang digunakan untuk membahas semua hal yang ada kaitannya dengan kendaraan bermotor (terutama sepeda motor dan mobil).

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) definisi dari otomotif adalah sesuatu yang berputar dengan sendirinya.

Bisa disimpulkan, otomotif adalah ilmu yang membahas hal mengenai kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor.

Di dalamnya juga terdapat berbagai pembahasan spesifik mengenai komponen dari sistemnya yang meliputi mesin, bahan bakar, pengapian, pendinginan, pemasukan, pembuangan, pelumasan, keseimbangan roda, kemudi, suspensi, body, listrik serta pemindah daya.

Beberapa jenis Ilmu Otomotif

otomotif
Mekanik

Pada era modern perkembangan pesat pun terjadi pada dunia otomotif mobil dan motor. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika saat ini ilmu otomotif memiliki cabang yang beragam.

  • Planning/Perencanaan: Mempelajari rancangan kendaraan meliputi desain, proses, serta cara kerjanya.
  • Developing/Pengembangan: Perencanaan yang telah dibuat akan dikembangkan sesuai prosedur, mulai dari keamanan, kenyamanan, serta efektivitas kendaraan.
  • Manufacturing/Produksi: Setelah pengembangan maka berlanjut ke tahap produksi bahan-bahan serta cara perakitannya.
  • Maintenance/Perawatan: Ilmu ini mempelajari bagaimana caranya merawat kendaraan yang baik seperti mengganti spare parts, mengontrol mesin dan sebagainya.

Komponen Otomotif

Komponen Kendaraan Bermotor

Sebuah kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil) memiliki komponen yang berhubungan satu sama lain.

Berikut ini adalah 3 komponen utama yang ada pada kendaraan bermotor.

  • Mesin / Engine

Bagian mesin pada kendaraan bermotor terdiri dari beberapa komponen, diantaranya kepala silinder, blok, dan bak oli.

Ketiganya mempunyai bagian-bagian lain yang juga saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Pada kepala silinder, terdapat bagian mekanisme katup, ruang bakar, busi, injeksi, dan water jacket. Ada juga komponen blok yang terdiri dari piston serta saluran pendingin mesin. Selain itu, bak oli sendiri di dalamnya terdapat crankshaft, karburator dan beberapa system lainnya.

  • Pemindah Tenaga / Power Transmission

Pada bagian pemindah tenaga, ada beberapa komponen yang saling berkaitan dan berpengaruh antara satu sama lainnya. Bagian tersebut, diantaranya adalah kopling/clutch, transmisi, poros propeller, roda, differential/gardan.

Komponen transmisi pada bagian pemindah tenaga ini memiliki jenis bagian-bagian lain di dalamnya, yaitu manual, semi-otomatis, serta otomatis.

Apabila salah satunya mengalami kerusakan, maka fungsi komponen-komponen lain di dalamnya bisa dipastikan akan terganggu.

  • Perlengkapan

Komponen-komponen otomotif kendaraan bermotor selanjutnya adalah perlengkapan. Komponen ini memiliki tiga bagian, diantaranya sistem pendingin atau AC, sistem Rem, dan tentang kelistrikan.

Ketiga komponen-komponen di atas, baik dari mesin, pemindah tenaga, dan perlengkapan ini merupakan komponen utama yang mana masing-masing dari komponen tersebut memiliki bagian lain sebagai penunjangnya.

Itulah definisi dari otomotif dan apa saja komponen otomotif, Semoga bermanfaat bagi Anda.

brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya