brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Apa itu ISS? Apa Fungsi Dan Pengertiannya?

iss

bagikan :

ISS
ISS

Honda-Kita.com – Motor matic merupakan salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat. Sepeda motor matic memiliki banyak keunggulan yang membuat banyak orang memilihnya. Teknologi modern dan canggih telah banyak digunakan pada sepeda motor matik. Salah satunya adalah teknologi ISS.

Berikut ini adalah ulasan untuk mengetahui lebih banyak tentang teknologi ini.


Fungsi ISS dan pengertiannya

Idling Stop System adalah suatu sistem pada kendaraan yang berguna untuk mematikan mesin secara otomatis saat berhenti sejenak atau saat berhenti di lampu merah.

Kelebihan dari ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar dan menurunkan emisi gas buang kendaraan. Sehingga kinerja mesin akan lebih efisien, hemat bahan bakar, dan ramah lingkungan.


Cara kerja Idling Stop System

ISS
Idling Stop System

Ketika posisi tombol Idling Stop sudah di tekan dan lampu indikator pada speedometer sudah menyala, maka ketika motor dijalankan sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan Idling Stop.

Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa ISS sedang aktif dan sedang digunakan.

Saat handle gas (throttle) kita buka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal ke ECM untuk memberitahu altenator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala.

Kejadian ini akan terus menerus berlangsung selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi jika tombol Idling Stop tidak diaktifkan maka ISS tidak bekerja.


Latest Post:


Post Tags: