Honda Mempersiapkan Mesin Baru Untuk Hornet Dan Transalp

bagikan :

Mesin Unik untuk Honda Hornet dan Transalp

Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc untuk calon moge terbaru yang meluncur pada 2023 nanti. Sepeti diketahui, Honda akan melahirkan kembali motor street fighter Hornet dan sebuah motor adventure Transalp.

Honda Parallel Twin-Engine 755 cc

Kedua motor baru ini akan menggunakan mesin 2 silinder sejajar yang berkarakter unik, berbeda dengan basis mesin 750 cc yang hadir pada tahun 2012 dan menjadi dapur pacu NC750X dan Forza 750. Jadi, mesin 755 cc 4 klep dengan langkah pendek dan punya poros engkol 270 derajat ini, menciptakan perintah pembakaran yang tidak merata dan penyaluran tenaga mirip dengan mesin V-twin.

Honda menjelaskan mesin ini dikembangkan untuk memberikan tenaga yang mengisi sejak putaran bawah ke tengah, namun tetap bertenaga pada putaran atas.

Lebih jelasnya, mesin ini seperti menggabungkan karakter mesin SOHC dan DOHC pada saat yang bersamaan. Menurut Test Project Leader Fuyuki Hosokawa, yang juga bertanggung jawab atas superbike Honda CBR1000RR-R, kehadiran mesin baru ini untuk memberikan performa dan handling yang ringan.

“Kami harus mengembangkan mesin silinder kembar langkah pendek yang serba baru, dengan poros engkol 270 derajat. Ini tidak hanya akan menghasilkan kecepatan tinggi, tetapi juga torsi rendah yang sporty,” ujar Hosokawa.

“Ideal untuk dikendarai di lingkungan perkotaan dan keluar dari tikungan di jalan terbuka,” kata Hosokawa.

Rencananya motor baru Hornet dan Transalp yang mengusung mesin 755 cc parallel twin ini akan tampil pada pameran EICMA November 2022. Adapun untuk penjualannya diperkirakan paling cepat pada 2023.

brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya