brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

MotoGP Jepang 2022, Marc Marquez Klaim Pole Pertama

MotoGP Marc Marquez

bagikan :

MotoGP Marc Marquez
Pembalap MotoGP Marc Marquez

Kualifikasi MotoGP Jepang 2022, Marquez Klaim Pole Pertama

Honda-Kita.com – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengklaim pole position sensasional dalam kualifikasi MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022). Itu merupakan pole pertamanya pasca cedera parah setelah menunggu 1.071 hari.

Setelah sesi kualifikasi tertunda satu setengah jam karena cuaca buruk, Marc Marquez menaklukkan lintasan basah sirkuit Motegi dengan lap tercepat 1:55,214 untuk merebut pole pertama kali sejak GP Jepang 2019.

Johann Zarco dari tim Pramac Racing terpaut 0,208 detik di P2 dan Brad Binder akan melengkapi posisi start baris terdepan dengan motor KTM-nya, demikian catatan resmi MotoGP.

“Saya sangat senang berada di pole position” kata Marquez yang kembali balapan di Aragon pekan lalu pasca operasi keempat di lengan kanannya itu.

“Pada pagi hari saya merasa sangat kuat di lintasan basah dan saya bilang ‘jika siang hari hujan, saya akan mencobanya’.”

“Ini hanya pole position, tapi di situasi kami, ini sangat penting. Sangat penting bagi kami, untuk semua staf (Honda) di Jepang, meraih target-target kecil seperti ini sangat penting untuk masa depan kami”

“Besok di kondisi kering, balapan akan berbeda, tapi kami akan merayakannya hari ini”

Di saat Marquez merayakan “comeback” dengan hasil positif di kualifikasi, tak ada satupun dari tiga pembalap teratas penantang gelar juara dunia yang finis lebih tinggi dari P6, yang menjadi posisi start Aleix Espargaro dari tim Aprilia.

Maverick Vinales menjadi pebalap Aprilia terdepan dan Jorge Martin dari tim Pramac Racing melengkapi baris kedua.

Puncak klasemen sementara

Fabio Quartararo akan mengawali serangan dengan motor Yamaha M1 dari P9 sedangkan Francesco Bagnaia pun gagal mengamankan start dari dua baris terdepan dan bakal menempati P12.

Juara GP Aragon pekan lalu, Enea Bastianini dari tim Gresini terjatuh di Q1.

Pembalap yang berada di peringkat empat klasemen dan masih memiliki peluang menantang gelar itu bakal start dari P15.

Pembalap tuan rumah Takaaki Nakagami menjalani balapan di kampung halamannya dengan jari yang cedera imbas kecelakaan dengan motor Marquez di lap pertama GP Aragon. Sang pembalap tim LCR Honda bakal start dari posisi terakhir atau P25.


Post Tag