brosur motor
Sebelumnya
Selanjutnya

Bagaimana Cara Memilih Helm Yang Benar?

cara memilih helm

bagikan :

Cara Memilih helm
Cara Menentukan Ukuran Helm

Honda-Kita.com – Pada Artikel ini kita akan membahas tentang helm sepeda motor dan kita akan berfokus bagaimana cara memilih helm yang benar.

Meskipun helm tidak dapat melindungi dari setiap benturan, helm dapat melindungi kepala Anda sepenuhnya jika helm memiliki ukuran keseluruhan yang tepat dan terpasang dengan benar di sekitar dagu. Jika tidak maka helm bisa terlepas saat Anda sangat membutuhkannya.

Oleh Karena itu kita harus tau cara memilih helm yang benar agar bisa berfunsi dengan baik.

Cara Memilih Helm yang Benar

Cara Memilih helm
Circumference Measurement

Ukur Lingkar Dahi Anda Terlebih Dahulu

Langkah pertama dalam menentukan ukuran helm yang tepat adalah mengukur panjang di sekitar dahi (lingkar).

Anda bisa menggunakan selotip penjahit fleksibel untuk membuat satu putaran horizontal sekitar satu inci di atas alis – karena ini biasanya bagian terluas dari kepala. Kami merekomendasikan pengukuran dua kali untuk akurasi.

Cara Memilih helm
Size Chart

Sementara ukuran antara produsen helm sebagian besar sama atau serupa, tidak ada sistem pengukuran standar untuk menjaga keseragaman.

Asumsikan bahwa setiap produsen menggunakan ukuran khusus untuk produk mereka sendiri, dan hanya mengandalkan tabel ukuran yang diproduksi untuk helm yang dipertimbangkan.

Jika Anda sudah mengetahui ukuran kepala Anda, banyak produsen helm yang menyediakan referensi silang untuk itu di bagan ukuran mereka.

Pilih ukuran helm yang paling dekat dengan ukuran kepala Anda. Jika jatuh di antara dua ukuran helm, pilih yang lebih kecil dari keduanya terlebih dahulu untuk memastikan pas tapi nyaman.

Bentuk Kepala

Cara Memilih helm
Head Shapes

Dalam cara memilih helm yang benar, penting untuk mempertimbangkan bentuk keseluruhan kepala Anda – bukan hanya ukurannya.

Ini karena bagian dalam yang empuk biasanya dipotong agar sesuai dengan kepala yang bentuknya lebih bulat, sedikit lebih panjang dan lebih sempit, atau lebih panjang dan lebih sempit.

Perhatikan bahwa bentuk luar helm tidak mencerminkan bentuk kepala yang dirancang dan tidak boleh digunakan sebagai indikator.

Helmet Shape

Setelah memilih salah satunya, produk yang ditampilkan akan cocok untuk bentuk kepala Anda secara keseluruhan.

Retensi Helm

Retensi Helm

“Sistem retensi” helm terdiri dari tali pengikat dagu dan leher built-in yang dirancang khusus untuk menjaga helm tetap sejajar dengan kepala Anda.

Terutama untuk mencegah helm terbang dalam kecelakaan. Pada kedua sisi helm, tali dagu memiliki berbagai penyesuaian untuk mencapai kenyamanan yang ideal.

Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran chin strap jika Anda memesan helm yang sesuai dengan lingkar dahi dan bentuk kepala secara keseluruhan.

Straps akan dikonfigurasi untuk menyesuaikan dengan setiap individu yang akan memakai helm ukuran tertentu.

Selain itu, chin bar terintegrasi yang juga terpasang pada helm tertutup akan disesuaikan ukurannya untuk mengakomodasi bentuk rahang.

Pentingnya Posisi Berkendara

Saat memilih helm, penting juga untuk memikirkan posisi Anda ketika berkendara.

Setiap jenis posisi berkendara, helm dengan visibilitas yang tepat dan ergonomis akan membuat hidup Anda lebih mudah.

Meskipun ini berlaku untuk semua helm, cara Anda duduk di kursi harus benar-benar dipertimbangkan – terutama jika menyangkut helm full face yang lebih ketat.

Riding Position

Helm full-face yang lebih sporty yang dirancang untuk memberikan visibilitas sudut yang lebih baik dan akan memiliki aerodinamika yang lebih baik untuk mengurangi hentakan pada kecepatan yang lebih tinggi.

Anda juga akan melihat saluran ventilasi tambahan di dekat bagian atas helm untuk menarik udara lebih efektif.

Sebaliknya, helm full face untuk motor touring, adventure, dan off-road dikonfigurasi untuk memaksimalkan visibilitas, ventilasi, dan juga untuk mengurangi daya angkat saat duduk dalam posisi tegak.

Post Tags:

Recent Post: